BlogInfoMengenal Sistem Ducting AC dan...

Mengenal Sistem Ducting AC dan Peran Pentingnya Untuk Gedung

Sebagian orang mungkin baru mendengar sistem ducting AC. Sebenarnya Ducting untuk AC digunakan untuk instalasi AC Sentral maupun AC Split Duct.

Ducting untuk AC bias dengan sebutan Air Handling System. Pengertiannya adalah bagian penting dalam sistem AC sebagai alat penghantar udara yang sudah dikondisikan terutama dari sumber dingin maupun panas ke ruang yang akan dikondisikan. Desain ducting kini dipengaruhi oleh tuntutan efisiensi baik pemakaian ruang, material, energi dan perawatan.

Sementara AC sentral untuk instalasi AC satu gedung yang tidak memiliki pengatur suhu sendiri per ruang. Secara keseluruhan terkontrol di satu titik dan hawa dinginnya didistribusikan melalui pipa ke ruangan.

Peran Pentingnya Sistem Ducting AC

Bagi Anda yang masih bingung hendak mengaplikasikan pendingin ruangan tentunya Anda pilih saja AC ducting. Pendingin tersebut bersistem kerja yang menggunakan komponen ducting berbahan PU/PIR atau dapat juga Seng BJLS.

AC ducting memiliki banyak kelebihan atau peran penting yakni sebagai berikut

Ruangan Menjadi Lebih Rapi

Dengan sistem ducting AC ini, ruangan menjadi lebih rapi. Karena instalasi tidak begitu terlihat. Ruangan tersebut akan terlihat jauh lebih rapi dan dinginnya optimal. Hal ini karena tidak ada kabel maupun pipa yang terlihat berantakan dan pemasangan ruangan instalasi akan dilakukan dalam maupun diluar ruangan.

Instalasi dalam Ruangan Tak Terlihat

Kelebihan selanjutnya adalah instalasi dalam ruangan tak terlihat karena kabel- kabel yang dibutuhkan dalam proses instalasi AC ducting dibungkus dengan pipa yang tersusun rapi. Selain itu tak membutuhkan banyak komponen.

Minimalis Kebisingan

Dalam proses menjalankan fungsi, AC tersebut tidak menimbulkan suara yang berisik. Komponen pada AC ini berjalan halus, begitu juga saat terjadi masalah atau trouble tidak akan menimbulkan suara bising maupun berisik.

Lebih Ekonomis

Penggunaan AC ini secara nyata lebih ekonomis daripada AC biasa. Hal ini karena memiliki satu pusat saja di tiap ruangan mendapatkan udara pembagian saja. Oleh sebab itu tidak perlu disediakan tiap ruangan sehingga lebih menghemat biaya.

Hawa Dingin lebih Merata

Dengan satu pusat sistem ducting AC maka mampu menyalurkan hawa dingin dengan lebih menyeluruh. Dari pusat, udara tersebut dibagi ke seluruh ruangan yang terhubung. Bahkan AC tersebut digunakan untuk mall atau gedung bertingkat.

Sistem Kerja AC Ducting

Selanjutnya, AC ducting memakai kinerja sentralisasi yakni proses untuk pengaliran udara dingin atau sejuk yang terkontrol berasal dari titik pusat dan telah ditentukan. Kebanyakan pengguna adalah industri dan gedung bertingkat.

Selain itu lebih memudahkan saat instalasi dan lebih ekonomis. Anda tidak memerlukan biaya instalasi yang mahal. Kekurangan dari AC tersebut adalah pengaturan suhu yang kurang fleksibel.

Suhu tersebut diinstall secara langsung dari titik pusat. Bahkan tidak bisa diubah dari setiap ruangan. Pengguna wajib memahami pengaturan pipa penyalur sehingga mampu menyeting kebutuhan setiap ruangan dengan benar.

Pemasangan AC Ducting

Hal yang perlu diperhatikan saat pemasangan sistem ducting AC adalah

  • Perencanaan instalasi maupun pemasangan hingga perawatan haruslah secara hati-hati. Hal tersebut menggunakan satu AC sebagai pusat pengatur suhu udara.

  • Biaya investasi untuk AC perlu diperhitungkan karena pemasangannya cukup rumit. Oleh karena itu perlu memperkirakan biaya apa saja yang dibutuhkan.

  • Perawatan AC tersebut harus secara baik dan berkala. Dengan tujuan menyalurkan udara secara berlanjut. Hal tersebut sebagai antisipasi kerusakan pada AC Sentral.

  • Menyesuaikan pengaturan temperatur dengan kebutuhan. Hal ini agar semua ruangan bisa mendapatkan suhu yang diinginkan.

Jenis Material Ducting

Biasanya sistem ducting AC menggunakan ducting BJLS atau seng tanpa isolasi. Jenis tersebut untuk menyalurkan udara dimana ducting tidak mempertahankan kestabilan suhu udara yang disalurkan.

Pertama jenis ducting exhaust, sirkulasi udara untuk suatu ruangan. Sebagai contoh tempat parkir, atau toilet.

Kedua, ducting intake, untuk menyalurkan udara dari luar gedung menuju ruangan yang membutuhkan udara segar. Umumnya digunakan untuk lahan parkir tertutup.

Ketiga, ducting fresh air, digunakan untuk menyalurkan udara dari luar ruangan menuju dalam ruangan unit AC yakni FCU dan AHU.

Dengan sistem ducting AC tersebut, udara semakin sejuk dan segar dan dingin merata.

Artikel & Tips Lainnya

Mengenal VRV DAIKIN

Sejarah Awal VRV Saat Daikin meluncurkan sistem AC VRV pada tahun 1982, Daikin memperkenalkan penggunaan pertama di dunia untuk kontrol aliran refrigeran variabel. Teknologi ini

Baca Selengkapnya »